Senin, 17 Juni 2013

Bandeng Presto, Wingko Babad, Lumpia, Tahu Pong

Bandeng Presto 

Bandeng presto adalah makanan khas Indonesia yang aslinya berasal dari daerah Pati dan Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam. Ikan bandeng ini kemudian dimasak pada alas daun pisang dengan cara presto. Presto adalah cara memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi. Makanan yang dimasak dengan cara ini diletakkan dalam panci yang dapat dikunci dengan rapat. Air yang berada di dalam panci ini kemudian dipanaskan hingga mendidih. Uap air yang timbul akan memasak makanan yang berada di dalam panci ini. Karena ikan bandeng terkenal memiliki banyak duri, bandeng presto adalah makanan yang digemari karena dengan cara masak presto duri-duri ini menjadi sangat lunak



Karena pengolahan yang lama, bandeng presto dapat disimpan dalam kulkas hingga 1 hingga 2 minggu. Saat ini, variasi bandeng presto semakin beranekaragam, seperti otak-otak bandeng, bandeng presto kremes dan juga bandeng yang dilapisi dengan telur. Bandeng presto yang terkenal adalah bandeng presto pandanaran.

Wingko Babad

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.





Wingko biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.


Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.


Penganan khas Semarang ini dikemas dalam besek atau kardus kotak, biasanya muat 20 bungkus. Rasanya gurih dan awet 2-5 hari walau dibuat tanpa bahan pengawet. Kini tersedia beragam varian rasa, mulai dari kelapa muda, nangka, coklat hingga durian. Anda akan menemukan banyak wingko babat bermerek Dryana ataupun NN. Meniko. Selain di jalan Pandanaran, sentra penjualan wingko babat ada di Jalan Cenderawasih dengan merek ’Cap Kereta Api’, D Muljono.
 
Lumpia

Sejatinya, Lumpia bukanlah kuliner asli Semarang melainkan kuliner khas Cina. Lumpia atau yang juga disebut dengan nama lunpia pada mulanya merupakan penganan tradisional Tionghoa yang terbuat dari campuran rebung, telur, sayuran segar, daging, dan makanan laut, kemudian digulung dalam adonan tepung gandum yang menyerupai kulit. Lumpia mulai dikenal di Semarang karena banyaknya warga Tionghoa yang tinggal dan menetap di kota yang pernah menjadi bandar besar pada masa lalu. Di Semarang, lumpia mengalami proses pelokalan dan disesuaikan dengan lidah Jawa, hingga menemukan bentuk dan rasa seperti sekarang.






Lumpia Gang Lombok yang terletak tepat di samping Klenteng Tay Kak Sie merupakan warung lumpia tertua di Semarang milik keturunan Thoa Thay Yoe. Warungnya yang sempit dan letaknya yang menyempil di gang yang hanya cukup dilalui 1 mobil ini rupanya tak menyurutkan minat para tamu yang ingin mencicipi Lumpia Semarang Gang Lombok.



 
Lumpia Gang Lombok buka dari pukul 8.00 dan tutup pada 16.00. Harga Lumpia ini tergolong cukup mahal, yaitu Rp 10.000/biji.

Tahu Pong

Tahu pong bersumber dari istilah Jawa tahu kopong yang berarti tahu kosong. Salah satu warung makan yang menjajakan secara khusus menu khas ini adalah warung tahu pong perempatan Depok. Warung yang berdiri sejak tahun 1930 ini selalu ramai didatangi pengunjung. Tak hanya dari Semarang, tetapi juga dari luar kota. Banyak dari mereka yang penasaran ingin menikmati tahu pong satu ini. Kelezatan tahu pong di tempat ini sudah lumayan terkenal.




Tak hanya tahu pong saja, namun juga ada olahan tahu lain yang pastinya tidak kalah lezat. Yakni, tahu pong yang dihidangkan dengan kuah petis dan acar lobak. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 11.000. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga pukul 23.00 WIB.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar